Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Hukum Permintaan dan penawaran:
Hukum permintaan adalah jika jika harga semakin murah maka permintaan konsumen akan banyak dan jika harga semakin naik permintaan konsumen akan berkurang. Hukum dari penawaran adalah jika harga semakin murah maka penawaran akan semakin berkurang dan jika harga semakin naik maka penawaran akan semakin bertambah. Jadi hukum dari permintaan dan penawaran adalah berbanding terbalik.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
1. Perilaku atau selera dari konsumen.
Saat ini sedang ngetrendnya gadget android, mungkin di masa yang akan mendatang akan ditemukan penemuan baru sehingga penggunaan android akan berkurang.
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap.
Jika harga BBM naik maka kebutuhan barang pokok juga ikut naik.
3. Pendapatan atau penghasilan konsumen.
Pendapatan orang yang lebih dari cukup akan bisa untuk membeli barang yang diinginkannya, sedangkan orang yang pendapatnya kurang dari cukup untuk kebutuhannya saja sudah susah apalagi untuk barang yang diinginkannya.
4. Perkiraan harga di masa depan.
Harga yang diperkirakan atau sudah pasti naik maka orang-orang akan berbondong-bondong menimbunnya. Contohnya: Emas, bensin, minyak tanah, dan lain-lain.
5. Banyaknya atau intensitas kebutuhan konsumen.
Jika terjadi letusan gunung berapi atau kebakaran hutan maka kebutuhan akan masker akan meningkat.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
1. Biaya produksi dan teknologi yang dibutuhkan.
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan perusahaan.
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
Sumber: http://www.organisasi.org/1970/01/pengertian-permintaan-dan-penawaran-hukum-faktor-yang-mempengaruhi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar