Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Persaingan akan terjadi apabila penjual dan pembeli dalam jumlah besar mengadakan saling hubungan secara aktif dengan maksud memaksimumkan keuntungan dan kepuasan atas dasar harga-harga yang ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Contoh produknya seperti beras,gandum, dan kentang. Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri:
- Jumlah penjual dan pembeli banyak.
- Barang yang dijual bersifat homogen.
- Penjual bersifat mengambil harga (price taker).
- Posisi tawar komsumen kuat.
- Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata.
- Sensitif terhadap perubahan harga.
- Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar.
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Jenis pasar di mana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga.
- Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
- Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
- Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
- Pasar persaingan monopolistik: Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
- Pasar monopsoni: Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
- Pasar oligopsoni: Bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_pasar
http://www.artikelsiana.com/2014/12/pengertian-pasar-persaingan-tidak.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar