Minggu, 19 Oktober 2014

Ciri - Ciri dan Unsur Oragnisasi

Menurut Berelson dan Steiner (1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri - ciri sebagai berikut:

1. Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
2. Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
3. Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
4. Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.


Ada juga yg menyatakan ciri - ciri oranisasi sebagai berikut:



1. Oranisasi mempunyai tujuan yang sama.

Dalam bagian ini menyatakan bahwa setiap oranisasi tidak memusatkan kepentingan individu tetapi tetapi mempunyai tujuan yang sama dengan dicapainya bersama - sama.
2. Organisasi mempunyai aturan.
Dengan dibentuknya pasti dibuatnya aturan. Aturan ini yang menuntun anggotanya untuk pencapaian tujuan organisasi dan pengandalian anggotanya sehingga tidak ada anggota yang bertindak semena - mena terhadap organisasinya.
3. Organisasi termanajemen.
Organisasi juga harus termanajemen yang artinya struktur organisasinya dimulai dari yang paling tinggi hingga yang paling rendah agar organisasi terkendali dalam mencapai tujuan organisasi.
4. Organisasi terkoordinasi.
Yang dimaksud disini tugas organisasi yang terkendali seperti pimpinan mengajarkan terlebih dahulu kepada bawahannya sebelum menyuruh bawahannya. 



Unsur unsur organisasi:



1. Manusia, dimana disetiap organisasi terdapat manusia yang menjalankan organisasi.

2. Kerjasama, dengan adanya manusia maka dibutuhkan juga manusia lain untuk berinteraksi dan bekerja sama.
3. Tujuan, ini yang terpenting karena setiap organisasi memiliki tujuan masing - masing. Dengan adanya tujuan ini maka ada manusia dan juga ada antara manusia yang bekerjasama dalam organisasi.
4. Peralatan, ini adalah bagian pendukung untuk pengerjaan dalam organisasi.
5. Lingkungan, merupakan bagian penting juga karena akan mempengaruhi pada anggotanya dalam bekerja.
6. Kekayaan alam.
7. Kerangka, setiap organisasi mempunyai struktur untuk terkendalinya pekerjaan dalam organisasi.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar