Sabtu, 20 Desember 2014

Konflik Organisasional dan Jenis - Jenisnya

Sumber - sumber konflik organisasional sebagian besar merupakan hasil dinamika interaksi individual dan kelompok serta proses – proses psikologis. Untuk menyelesaikan konflik yang terjadi pimpinan dapat melakukan tindakan alternatif, tergantung pada situasi dan kondisi yang ada.

Tindakan alternatif tersebut adalah menggunakan kekuasaan, konfrontasi, kompromi, menghaluskan situasi, dan pengunduran diri.

Jenis-jenis Konflik :

  • Konflik peranan yang terjadi didalam diri seseorang (person-role conflict). Terjadi bila seorang individu menghadapi ketidakpastian akan keinginannya yang tidak dapat dipenuhi sekaligus dengan kemampuannya sendiri.
  • Konflik antar peranan (inter-role conflict). Terjadi karena keterbatasan sumberdaya organisasi yang harus dibagikan/digunakan oleh banyak anggota organisasi.
  • Konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang (intesender conflict). Terjadi antara individu dengan kelompoknya karena perbedaan cara kerja, nilai - nilai, kebiasaan dll.
  • Konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan (intrasender conflict). Terjadi antara kelompok - kelompok dalam organisasi. Anggota kelompok mengidentifikasikan dirinya denga kelompoknya dan merasa kelompok lain menghalangi pencapaian tujuan maupun harapan-harapannya.


Sumber:
http://lista.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/22302/P+7&8+konflik-organisasi.pdf
http://e-hindro.blogspot.com/2008/05/mengelola-konflil-organisasional-secara.html (Diakses 20 Desember 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar