Jumat, 08 November 2013

Fungsi Ilmu Dasar Sosial

     Pada dasarnya ilmu sosial adalah pengetahuan tentang sosialisasi masyarakat. Berbeda dengan ilmu - ilmu yang lain karena ilmu ini muncul sendiri dari kalangan masyarakat. Dasarnya ilmu sosial juga membahsa tentang masalah - masalah sosial. Ilmu sosial juga berfungsi sebagai pengetahuan kepada masyarakat dalam bersosialisasi di lingkungan. Ilmu sosial bukan gabungan dari beberapa ilmu karena ilmu sosial memiliki metode dan objeknya sendiri - sendiri. Pada umumnya ilmu sosial diberikan di perguruan tinggi karena untuk kepentingan pendidikan atau pengajaran di Indonesia khususnya perguruan tinggi. Pada intinya ilmu sosial diberikan untuk memberikan pengtahuan dasar guna merancang daya pola pikir, daya tangkap, dan penalaran mahasiswa menjadi meningkat. Tujuan dari ilmu sosial sendiri ialah:
1.      Memberikan atau memahami kenyataan sosial dan masalah - masalah sosial yang ada di masyarakat.
2.      Menjadi sensitif terhadap masalah - masalah sosial dan tutur ikut dalam menanggulanginya.
3.      Memberikan penalaran cara berkomunikasi dengan masyarakat lain untuk menanggulangi masalah - msalah yang ada di lingkungan.

   Seperti tiang dalam bangungan manusia tidak dapat bersosialisasi dengan lingkungan tanpa sosialisasi. Sebagai mahasiswa seharusnya sudah dapat membedakan mana yang baik mana yang buruk agar menjadi lingkungan yang aman dan tentram.

Sumber:
http://suhailykamil.wordpress.com/2010/11/26/fungsi-ilmu-sosial-dasar-dalam-perkuliahan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar